Mie Kocok Mang Dadeng, Wisata Kuliner Legendaris Sejak Tahun 1958

Posted on
Pecinta kuliner Bandung, kali ini ada menu makanan yang sangat unik yang dinamakan mie kocok. Mie kocok ini merupakan salah satu makanan yang sangat terkenal di Bandung. Salah satu warung yang terkenal akan mie kocoknya yakni warung Mie Kocok Mang Dadeng. Warung makan ini sudah terkenal di Bandung mampu menyajikan mie kocok dengan rasa yang enak. Bahkan warung ini dibilang sebagai warung mie kocok legendaris karena mempunyai cerita tersendiri akan berdirinya warung makan mie kocok ini. Warung makan mie kocok mulanya tidak ada tempat khusus. Pak Usman, begi nama pemiliknya hanya mengoperasikan makanan mie kocoknya dengan berkeliling menggunakan gerobak. Kala itu tahun 1958 saat pak Usman mulai membuka usaha mie kocok ini. Tentunya usahanya saat itu tidak seramai sekarang dan tidak terlalu banyak pelanggan. Namun mie kocoknya cukup digemari. Hingga suatu saat pak Usman memutuskan untuk mangkal di Jalan Ahmad Dahlan Nomer 67 yakni pada sekitar tahun 1990-an.

Saat mangkal di Jalan Ahmad Dahlan, pak Usman memiliki cukup banyak pelanggan. Banyak pelanggan yang akhirnya datang lagi dan lagi karena ketagihan akan rasa mie kocok yang dibuat pak Usman. Maka semakin hari usahanya semakin berkembang seiring dengan banyaknya pembeli yang membeli makanannya. Dengan meningkatnya jumlah pembeli maka 2 tahun setelah mangkal, pak Usman mencoba untuk membuka warung makan sendiri di wilayah yang berbeda. Saat dibangun warungnya semakin bertambahlah jumlah pelanggan yang datang untuk menikmati mie kocok yang dibuatnya. Tentunya karena tempatnya lebih nyaman dan juga rasa mie kocoknya yang banyak diakui oleh pelanggan enak. Lantas nama warungnya berubah menjadi Mie Kocok Mang Dadeng ini karena dikelola oleh anaknya.

Saat menginjak usia tua maka warung makannya dikelola oleh anaknya hingga akhirnya sampai ke Mang Dedeng setelah kakaknya yang mengelola rumah makan ini wafat. Maka bergantilah namanya menjadi warung makan Mie Kocok Mang Dedeng. Hingga sekarang sangat banyak pelanggan yang datane ke warung makan ini. Di hari kerja setidaknya warung makan mie kocok ini mampu menghabiskan 700 porsi mie kocok. Sementara hari libur jumlah pengunjung akan semakin bertambah hingga mencapai 2.500 pengunjung. Biasanya Mang Dedeng juga menerima pesanan mie kocok untuk acara-acara tertentu.

Mie kocok ini menjadi sajian yang digemari karena memiliki cita rasa 15 rempah berbeda. Di dalam mie kocok juga menggunakan berbagai jenis sayuran dan toping yang menggugah selera seperti kikil dan sumsum sapi. Mie kocok ini menjadi menu yang ditunggu pelanggannya karena menggunakan sumsum yang menambah kelezatan yang mana akan jarang anda jumpai pada mie kocok lainnya. Tidak hanya mie kocok, ternyata warung makan ini juga menyediakan menu lain seperti kaki sapi yang bisa anda nikmati selain mie kocok. Harga yang ditawarkan untuk menu mie kocok ini bisa dibilang tidak mahal. Seporsi mie kocok bisa anda nikmati dengan harga Rp. 23.000 dan harga Rp. 27.000 jika ditambahkan dengan sumsum. Untuk harga sop kaki sapi Rp 27.000 dan akan naik menjadi Rp. 30.000 jika ditambah dengan sumsum. Mie kocok Mang Dadeng ini tidak hanya terkenal oleh wisatawan dalam negeri saja tetapi juga wisatawan luar negeri seperti Malaysia, Belanda, Jepang, dan negara lainnya. Wisatawan Jepang yang memang masyarakatnya suka mie menawarkan Mang Dadeng untuk ke Jepang membuka usaha disana, namun ditolak oleh Mang Dadang. Artis juga banyak yang mengunjungi warung makannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *