Nasi Kalong Bandung Rajanya Kuliner Malam Hari

Posted on
nasi kalong bandung

Bandung sering disebut sebagai kota hujan karena daerah ini sering terjadi hujan. Kota ini juga biasa disebut dengan kota kembang. Bandung juga dikenal dengan nama paris van java karena kota ini menjadi pusat mode di Indonesia. Banyak karya yang berasal dari anak-anak Bandung yang sudah mendunia dan mengharumkan nama bangsa. Selain karena prestasinya yang mendunia kota Bandung memiliki sisi lain dari sebuah kota industri yaitu wisata kuliner yang terkenal kelezatannya. Kota ini memang memiliki banyak sekali cerita yang menarik untuk dijadikan referensi wisata kuliner. Salah satu wisata kuliner di Bandung yang terkenal adalah nasi kalong Bandung.

Baca Juga Wisata Kuliner Bandung yang Wajib Dikunjungi

 

Nasi Kalong Bandung Buka Malam Hari

Kalong adalah nama lain dari kelelawar, dan disebut nasi kalong Bandung karena makanan ini buka pada malam hari pada pukul 21.00 – 03.00 WIB sehingga seperti kelelawar yang mencari makan di malam hari. Warung ini sudah buka dari tahun 2007. Bentuk dari menu yang unik ini adalah nasi yang berwarna hitam yang menyerupai warna kelelawar atau kalong. Nasi yang digunakan pada menu ini adalah beras merah yang kemudian diberi campuran kluwek sehingga mengasilkan warna yang hitam. Konsep penyajian pada warung ini menggunakan konsep prasmanan sehingga pembeli bisa memilih sendiri menu yang diinginkan. Di sini disediakan kurang lebih 20 jenis lauk pauk untuk menemani menyantap nasi kalong seperti ayam goreng madu, tempura, udang, telur rendang, sambal goreng ati, rolade daging, buncis bakar, dan sebagainya, namun yang paling terkenal lauk disini dan wajib dicoba adalah ayam goreng madu dan buncis bakar.

Warung nasi kalong Bandung ini berada di jalan riau no. 102 Bandung. Keistimewaan dari warung ini adalah menu yang disediakan sangat memperhatikan kualitas kesehatan. Sehingga nasi yang digunakan adalah nasi beras merah bukan nasi beras putih, dan menu lauk yang dibuat rata-rata tidak menampilkan yang berlemak dan berminyak sehingga penggolahan masakan meminimalisir penggunaan santan dan menggunakan cara pengolahan alternatif lainnya seperti dibakar. Untuk satu porsi nasi kalong ini berkisar antara Rp 20.000 sampai dengan Rp 30.000. Sudah banyak pesohor negeri ini yang sudah menikmati lezatnya nasi kalong Bandung ini, silahkan mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *