Sate Hadori Stasiun Bandung

Posted on

Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagamannya. Bukan hanya keragaman alam, suku, budaya, bahasa, dan agama tapi juga keberagaman kulinernya yang tidak akan pernah ada habisnya untuk dinikmati. Salah satu makanan khas yang menjadi favorit orang Indonesia adalah sate. Ada berbagai jenis sate yang ada saat ini, biasanya yang membedakan antara jenis sate satu dengan yang lainnya adalah jenis daging yang digunakan. Sate yang terkenal di kota Bandung adalah sate hadori.

Sate merupakan daging yang dipotong dadu kemudian dibakar diatas arang dan dilumuri bumbu serta kecap yang dibakar sampai kecoklatan. Sate biasanya disajikan dengan lontong yaitu nasi yang cara memasaknya dibungkus menggunakan daun pisang atau bisa juga menggunakan nasi. Sate hadori merupakan sate yang terkenal legendaris karena sate ini sudah ada sejak penjajahan Jepang sekitar tahun 1940 dan sekarang yang mengelola adalah generasi ketiga. Sekilas sate hadori akan tidak jauh berbeda dengan sate pada umumnya. Namun keistimewaan sate ini ada pada irisannya yang besar dan tebal namun tetap memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dimakan. Selain itu daging akan diiris sesaat sebelum dibakar sehingga daging akan tetap segar. Penyajian sate ini akan disajikan dalam sebuah piring dan dilengkapi dengan sambal kecap yang dicampur dengan irisan bawang dan cabe serta sambal kacang dipiring yang terpisah. Disini nasi akan disajikan menggunakan bakul, satu bakul nasi bisa cukup untuk satu atau dua orang. Satu porsi sate berisikan 10 tusuk sate tetapi untuk satu orang cukup ½ porsi saja karena ukuran sate yang besar.

Jenis sate yang disediakan di sate hadori ini adalah sate kambing, sate hati kambing, sate ayam, dan sate sapi. Selain menu sate, disini juga menyediakan gule kambing yang berisi jeroan dan daging berlemak dengan kuah yang mirip dengan tengkleng jawa. Sate hadori terletak di Jl. Stasiun Timur no 11-12 tepatnya di terminal Stasiun Hall Bandung. Warung ini buka setiap hari dari setiap habis subuh dan tutup sampai malam bahkan tak jarang warung ini buka 24 jam. Harga untuk satu porsi sate yang berisi 10 tusuk sate adalah Rp 26.000,00.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *