10 Tempat Wisata Kuliner di Bandung yang Wajib Anda Kunjungi

Posted on

Paris van Java atau Kota Kembang sebuatan lain untuk Kota Bandung adalah salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi setiap tahunnya. Selain karena objek wisatanya yang beragam juga didukung mayarakat yang penuh sopan santun dalam menerima wisatawan. Beragam objek wisata biasa kita temui di sini. Mulai dari wisata alam, wisata belanja, wisata budaya, atau wisata kuliner yang memang digemari karena kekhasan rasanya. Tempat wisata kuliner di Bandung sangat terkenal bahkan hingga ke mancanegara, tak heran banyak sekali yang datang ke Bandung hanya untuk mencicipi kuliner khas kota Bandung. Apa saja kuliner khas Bandung dan di mana tempat wisata kuliner di Bandung yang wajib Anda kunjungi? Simak ulasannya berikut ini.

1. Sapu Lidi sebagai Ikon Tempat Wisata Kuliner di Bandung

tempat wisata kuliner di Bandung
Lembang merupakan kawasan wisata alam yang khas dari Bandung yang terkenal sampai mancanegara dan menjadi target wisatawan untuk dikunjungi.
Suasana alam pedesaan yang asri dengan udara yang begitu sejuk di kawasan Lembang ini terasa tak lengkap bila Anda tak berkunjung ke Sapu Lidi.
Sapu Lidi yang menjadi ikon tempat wisata di Bandung memang adalah tempat penginapan tetapi menawarkan suasana makan berupa saung di pinggir sawah dengan masakan khas pasundan serta menyediakan fasilitas penginapan sekaligus sehingga Anda bisa menginap dan menyantap masakan khas Bandung yang terkenal nikmat, lezat, kreatif dan menggugah selera.

2. Iga Bakar Si Jangkung

Anda pasti dapat menebak mengapa diberi nama si Jangkung? Tepat sekali, si Jangkung diambil dari nama pemiliknya yang memang berpostur jangkung. Beralamat di Jalan Cipaganti, rumah makan ini menyajikan iga bakar tanpa tulang yang tak akan Anda temui di tempat lain dan siap Anda nikmati.
Kelezatannya tak perlu ditanyakan, dengan bumbu-bumbu khas Pasundan dan daging yang direbus terlebih dahulu baru kemudian di panggang di wajan tanah liat memberikan cita rasa berbeda dari iga bakar yang selama ini Anda nikmati.
Bila Anda ke Bandung jangan pernah melewatkan untuk berkunjung ke tempat wisata kuliner di Bandung Iga Bakar si Jangkung dan nikmati kekhasan iga bakar yang tak Anda jumpai dimana pun.

3. Rumah Sosis

Mengusung konsep “eat, swim, play” Rumah sosis hadir untuk memanjakan pengunjungnya dengan menu makanan utama sajian sosis dan arena hiburan yang lengkap untuk keluarga dan anak-anak. Sehingga tak perlu repot-repot membawa keluarga mencari hiburan ke tempat lain.
Menu yang disajikan di Rumah sosis memang berbahan dasar sosis, mulai dari sosis ayam, ikan, sapi yang disajikan mulai dari ukuran kecil, sedang sampai yang super besar yang bisa Anda nikmati untuk keluarga.
Tak suka sosis? Jangan khawatir, tempat wisata kuliner di Bandung yang satu ini menyajikan menu lainnya seperti beraneka nasi goreng, nasi liwet khas sunda, chicken katsu dan menu lainnya.
Sebelum atau setelah menyantap makan atau bersamaan dengan menikmati kelezatan makanan, Anda dan keluarga bisa menjajal wahana permainan yang ada di Rumah Sosis seperti perahu sosis, mini golf, lorong sesat, kolam renang dan lain-lain.

4. Paskal Food Market

Berkunjung ke kota kembang memang disuguhi dengan kuliner yang beragam yang bahkan mungkin tak Anda jumpai di tempat lain. Kekhasan itu yang menjadikan Bandung lengkap sebagai salah satu destinasi wisata teramai di Indonesia.
Berlokasi di daerah pasir kaliki dekat stasiun kota Bandung, Paskal Food Market menjadi primadona tempat wisata kuliner di Bandung. Konsepnya dengan ruang terbuka dan ratusan jumlah pedagang makanan yang bisa Anda pilih sesuai selera mulai dari kuliner khas Bandung, Indonesia, Asia bahkan eropa ada di sini.
Tak perlu heran bila Anda banyak menjumpai pelajar dan mahasiswa di sana karena harganya sangat murah dan cocok untuk kantong pelajar dan mahasiswa. Bisa Anda bayangkan hanya bermodal 10.000 rupiah Anda sudah bisa menikmati aneka makanan yang dijual di Paskal Food Market.
Pasangan muda-mudi juga akan banyak Anda jumpai karena di sini menghadirkan suasana romantis dengan paduan lampu dan obor yang membuat suasana makan Anda semakin menarik.

5. Cie Rasa Loom Buah Batu

Sekilas Cie Rasa Loom tampak seperti bahasa cina. Namun arti sebenarnya dalam bahasa Aceh adalah ‘coba rasakan lagi’. Ya, Cie Rasa Loom menghadirkan masakan Aceh di tanah sunda. Terutama mie aceh yang tersohor itu.

Mie Aceh memang beda dengan kebanyakan mie pada umumnya. Mie aceh terkenal karena kekhasan rasa yang ditimbulkan oleh bahan rempah-rempah pilihan, lezatnya mie, dan udang yang membuat rasanya semakin lezat.

Kelebihan Cie Rasa Loom yang berlokasi di Buah Batu Bandung ini Anda dapat mengunjunginya kapan saja karena buka selama 24 jam. Jadi, kapanpun Anda berada di Bandung setiap saat Anda dapat menyempatkan diri menyantap kelezatan mie aceh di sini.

6. Pino Pizza

Beralamat di sekitaran Jalan Buah Batu Bandung, Pino Pizza menyiapkan menu andalan pizza, pasta dan salad yang menawarkan harga bersaing dibanding tempat-tempat lain. Pino Pizza menawarkan pizza dengan harga yang beragam mulai dari 45 ribu rupiah.

Menu pizza yang menjadi andalan di Pino Pizza adalah pizza manis yang toppingnya tidak berupa daging atau sayur melainkan topping manis seperti buah apel dan pisang.
Selain panganan berjenis pizza, Pino pizza juga menghadirkan menu lain diantaranya tuna salad, pasta carbonara, pasta aglio olio, oreo latte, dan lain-lain.

7. Kampung Daun

Kampung Daun merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Bandung yang khas dan unik. Setiba di lokasi, Anda serasa langsung memasuki dunia yang berbeda, yaitu dunia dengan suasana tradisional khas pedesaan yang asri dan nyaman. Selain menghadirkan suasana tradisional, Kampung Daun juga menawarkan makanan khas Indonesia sehingga sangat pas sekali dan mendukung dengan suasana yang ada.

Selain suasana alam pedesaan yang sungguh menenangkan perasaan, tempat wisata kuliner yang beralamat di Jalan Sersan Bajuri ini juga menawarkan suasana sangat romantis ketika malam hari menjelang dengan pencahayaan yang sungguh tertata. Makanan yang bisa diorder di restoran ini antara lain: batagor, surabi, ikan gurame bakar, nasi liwet, nasi timbel, nasi goreng, nasi bakar, bebek bakar, iga bakar, sop buntut, sampai dengan steak serta es krim.

8. Nasi Kalong

Serasi dengan namanya, Nasi Kalong yang beralamat di Jalan RE Martadinata ini buka mulai dari jam 7 malam sampai dengan dini hari. Seperti halnya kehidupan kalong (kelelawar) yang mencari makan pada malam hari (nocturnal). Nasi kalong sangat cocok untuk mengisi perut yang keroncongan pada malam hari. Tidak perlu khawatir bila datang ke tempat makan ini pada malam hari. Karena tempat ini begitu ramai dengan pengunjung yang kelaparan. Tak usah heran bila melihat antrian yang panjang seperti mengular.

Menu utama dan pilihan yang paling digemari di sini ialah nasi berwarna hitam. Dilengkapi dengan tak kurang dari 20 jenis lauk yang dapat dipilih sendiri seperti tumis buncis bakar, ayam goreng madu, tahu goreng, dan lain-lain. Nasi hitam yang disajikan sebetulnya adalah nasi merah yang dimasak dengan kluwek. Kemudian ditambahkan cabai, bawang merah, kelapa parut goreng, daun salam, dan bumbu lainnya. BIla tidak suka makan nasi hitam ini, jangan risau karena tersedia juga nasi putih.


9. Yoghurt Cisangkuy

Berlokasi di Jalan Cisangkuy Nomor 85, Yoghurt Cisangkuy telah menjadi tempat kongkow yang nyaman dengan menu yang sehat. Yoghurt itu sendiri merupakan produk hasil olahan dari susu yang difermentasi yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Tidak seperti yoghurt kebanyakan, Yoghurt Cisangkuy menawarkan yang berbeda. Yaitu yoghurt yang tidak asam, serta mempunyai berbagai pilihan rasa yang nikmat. Bukan itu saja, yoghurt ini juga disajikan dengan buah asli. Sesuai dengan pilihan rasa yoghurt yang dipesan. Jadi jika Anda memesan yoghurt rasa strawberry maka di dalam yoghurt tersebut akan ada buah strawberry juga.
Yoghurt Cisangkuy sebagai salah satu tempat wisata di Bandung menawarkan berbagai pilihan rasa. Selain rasa strawberry juga ada rasa lain seperti rasa moka, lecci, coklat, dan anggur. Keunggulannya dengan harga yang sangat terjangkau. Hanya sembilan ribu lima ratus rupiah saja. Menemani minum yoghurt, Anda juga dapat memesan beberapa jenis makanan ringan hangat. Diantaranya sosis goreng, kentang goreng, siomay, batagor, sate, dan lain-lain.

10. Roemah Nenek Resto Cafe

Satu lagi tempat wisata kuliner di Bandung yang cukup populer yaitu Roemah Nenek Resto Cafe. Cafe unik ini menyajikan beraneka jenis masakan. Seperti chicken taragon, nasi lidah jamur, pizza bakar, pasta, sampai dengan masakan lokal lainnya. Suasana resto ini begitu nyaman dengan nuansa rumah klasik dan udara yang sejuk khas kota kembang. Restoran yang berlokasi di Jalan Taman Cibeunying Selatan nomor 47 ini juga dilengkapi dengan jaringan internet gratis. Tentunya untuk semua pelanggan Roemah Nenek Resto Cafe.
Bagi Anda yang berkunjung ke Bandung jangan lupa ke sini dan nikmati pengalaman makan khas Bandung. Bahkan sambil berselancar ria di dunia maya.
Demikianlah 10 tempat wisata di Bandung yang bisa menjadi rujukan bagi Anda yang sedang berwisata ke Bandung. Semoga icip-icip kuliner Bandung cocok di lidah Anda dan jangan lupa bawa pulang oleh-oleh khas Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *