Warung Bu Eha, Tempat Makan Prasmanan di Bandung

Posted on


Di Bandung terkenal akan banyak wisata sehingga tak jarang para wisatawan baik wisatawan dari ibu kota, wisatawan kota-kota lainnya di Indonesia hingga mancanegara sering mengunjungi Bandung. Berbeda dengan kota lainnya, Bandung tak hanya terkenal akan wisata alamnya saja tetapi juga terkenal akan wisata belabja dan wisata kuliner. Banyak makanan khas Bandung yang menjadi incaran para wisatawan. Apalagi penduduk Bandung memang kreatif menciptakan berbagai jenis makanan baru. Sehingga semakin marak wisata kuliner di Bandung. Anda tak hanya bisa menikmati masakan khas Sunda saja tetapi makanan popular lainnya di Bandung. Namun makanan khas Sunda memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Nah, salah satu warung makan yang menyediakan masakan khas Sunda adalah warung Bu Eha. Nama warung makan ini sederhana dengan tempat yang juga sederhana. Namun warung makan ini cukup banyak pelanggan setiap harinya.
Warung makan Bu Eha terletak di Pasar Cihapit. Sempat beberapa kali pindah lokasi, namun masih di tempat yang sama yakni Pasar Cihapit. Warung makan ini dikelola sendiri oleh Bu Eha yang meskipun umurnya tidak lagi muda, tapi masih gesit menjalankan usahanya dengan lancar. Warung ini memang dibuka bu Eha dengan warung sederhana yang letaknya di pasar. Layaknya warung biasa anda lihat saat ke pasar, sangat sederhana. Pertamakali warung makan ini dibuka yakni pada tahun 1960-an. Warung makan Bu Eha banyak di sukai karena menu masakannya yang merupakan warisan turun temurun dari sang ibu. Warung makan ini banyak dikunjungi diantaranya para mahasiswa sampai pejabat juga datang ke warung makan ini. Pada tahun 60-an warung makannya juga sering dikunjungi oleh Inggit Garnasih, yakni istri kedua presiden Soekarno kala itu. Bu Eha bahkan berteman dekat dengan Ibu Inggit. Hingga anaknya, Guruh dan Guntur juga suka makan ke warung Bu Eha saat masih menjadi mahasiswa di kota Bandung ini.
Menu masakan yang disajikan oleh warung makan Bu Eha ini merupakan menu-menu masakan Sunda. Saat anda makan di tempat ini serasa makan buatan ibu di rumah. Masakannya enak dan tempatnya juga lumayan nyaman meski di dalam pasar. Beberapa menu yang disajikan oleh warung Bu Eha diantaranya pepes telur asin, gepuk, sayur dengan kepala ikan kakap, soto Bandung dan Urap-urap. Itulah menu favorit yang disukai pelanggan. Tentunya masih banyak menu lainnya. Menu-menu tersebut akan semakin lengkap dengan menggunakan sambel dadak yang biasanya dibuat dadakan dengan menggunakan ulekan batu. Sambelnya ini menjadi menu wajib yang terkenal di warung makan Bu Eha.

Jika anda ingin makan di warung makan Bu Eha maka anda harus datang pagi. Jika siang sekitar jam 12 makanan sudah banyak yang habis. Sebelum jam 12 siang, mungkin sekitar jam 9 warung makan ini sudah buka. Anda bisa sarapan di tempat ini dengan menu masakan rumahan yang harganya terjangkau. Bahkan selain pepes ikan, anda juga bisa menemukan jengkol dan olahan sayur lainnya di warung makan ini. Meski masih dikelola oleh Bu Eha sendiri, warung Bu Eha ini sudah ditangani juga oleh 7 staf yang sudah belajar resep pribadinya Bu Eha. Jika anda adalah warga kota Bandung jangan lupa mampir di tempat ini apabila datang ke Pasar Cipahit untuk merasakan masakan Sunda yang terkenal enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *